admin@mimteladan.com
admin 22 Desember 2023

 

Kegiatan jeda semester merupakan kegiatan yang dilaksanakan setelah kegiatan penilaian semester. Kegiatan yang dilakukan oleh Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Terpadu Harapan (MIM Teladan) diisi dengan berbagai kegiatan akademik dan non akademik selama 5 hari berturut-turut dimulai pada tanggal 12 – 16 Desember 2023. Kegiatan jeda semester ini menurut Ibu Nina Agustien, S. Pd. selaku kepala madrasah menegaskan bahwa pentingnya meningkatkan kemampuan siswa melalui berbagai kegiatan yang sudah terjadwal, agar bermanfaat bagi siswa di kemudian hari.

Kegiatan tersebut antara lain yaitu pembiasaan pagi, hafalan surat An Naziat, praktik wudhu, literasi (story telling), mengenal permainan tradisional, jalan sehat, dan cooking class. Pembiasaan pagi berupa shalat dhuha dan ngaji morning dilakukan setiap hari ditambah dengan hafalan surat An Naziat, sedangkan kegiatan seperti praktik wudhu, literasi (story telling), mengenal permainan tradisional, jalan sehat, dan cooking class dilaksanakan disetiap hari, dihari yang berbeda.

Pada hari Selasa, 12 Desember 2023 semua siswa kelas 1 sampai kelas 6 MIM Teladan memulai kegiatan Jeda Semester Day 1 dengan melaksanakan rangkaian kegiatan berupa pembiasaan pagi, hafalan surat An Naziat, dan praktik wudhu. Jeda Semester Day 2 yang dilaksanakan pada hari Rabu, 13 Desember 2023 diisi dengan kegiatan pembiasaan pagi, hafalan surat An Naziat, dan literasi. Jeda Semester Day 3 pada hari Kamis, 14 Desember 2023 berupa kegiatan pembiasaan pagi, hafalan surat An Naziat, dan mengenal berbagai permainan tradisional. Jeda Semester Day 4 pada hari Jumat, 15 Desember 2023 diisi dengan kegiatan pembiasaan pagi dan jalan sehat. Jeda Semester Day 5 pada hari Sabtu, 16 Desember 2023 berupa kegiatan pembiasaan pagi dan cooking class.

Story Talling

Kegiatan praktik wudhu, dilaksanakan di halaman madrasah bersama dengan pemateri dan semua siswa kelas 1 sampai dengan kelas 6. Pemateri menjelaskan bagaimana cara wudhu sekaligus memperagakan gerakan wudhu yang benar sesuai dengan ajaran Rasulullah saw, dipandu oleh guru mempraktikkan terlebih dahulu, kemudian pemateri akan meminta beberapa siswa secara acak untuk mempraktikkannya secara bergantian. Selanjutnya setiap siswa akan melakukan praktik wudhu dan diawasi oleh wali kelas masing-masing. Kegiatan literasi yang dilakukan berupa story telling di halaman madrasah yang diikuti oleh seluruh siswa MIM Teladan. Pemandu acara akan meminta perwakilan setiap kelas 1 – 6 untuk melakukan story telling di depan siswa lainnya. Setelah semua perwakilan kelas selesai, kemudian semua siswa kembali ke dalam kelas untuk menuliskan kembali cerita yang sebelumnya telah siswa baca menggunakan bahasa sendiri.

Permainan Tradisional

Permainan Tradisional oleh siswa siswi MIM Teladan

Kegiatan mengenal berbagai permainan tradisional dilaksanakan pada hari ketiga jeda semester diikuti oleh seluruh siswa kelas 1 sampai kelas 6 MIM Teladan di halaman madrasah. Kegiatan ini dipandu oleh guru yang bertugas dan pada hari sebelumnya siswa telah diminta untuk menyiapkan 1 permainan tradisional dan membawanya ke madrasah untuk dikenalkan dengan teman lainnya sekaligus digunakan untuk bermain bergantian bersama dengan teman di madrasah. Satu persatu permainan tradisional yang dibawa oleh siswa dijelaskan oleh pemandu acara kemudian setelahnya siswa dibebaskan untuk mengenal dan bermain menggunakan alat-alat permainan tradisional yang dibawa bersama dengan siswa yang lain.

Kegiatan jalan sehat hari keempat yang diikuti oleh seluruh siswa dan semua guru MIM Teladan. Tempat tujuan jalan sehat pada kegiatan jeda semester ini adalah Taman Kyai Langgeng (Dekat Parkir/ Patung Badak Bolong). Sebelumnya semua siswa telah dihimbau untuk membawa bekal sehat dari rumah, bekal sehat yang dimaksud adalah makanan seimbang 4 sehat 5 sempurna. Hal ini bertujuan agar dapat melatih siswa untuk terbiasa menjaga pola makan sehat dan melatih siswa untuk suka dengan sayur dan buah. Kegiatan terakhir yang dilaksanakan di hari kelima adalah cooking class. Kegiatan ini dilaksanakan siswa di masing-masing kelas bersama dengan wali kelas. Wali kelas bertanggung jawab atas persiapan siswanya di kelas agar dapat mempraktikkan cooking class sesuai dengan menu makanan yang sebelumnya telah di ploting oleh panitia. Ada 3 menu yang telah disiapkan oleh panitia untuk dipraktikkan disetiap kelas diantaranya yaitu membuat sandwich (kelas 1 dan 2), onigiri (kelas 3 dan 4), dan sup buah (kelas 5 dan 6). Kegiatan tersebut dibimbing oleh wali kelas masing-masing dan dilanjutkan dengan makan bersama.

Dalam melaksanakan serangkaian kegiatan jeda semester ini, guru dan siswa MIM Teladan terlihat antusias dalam semua kegiatannya. Semoga kegiatan tersebut dapat bermanfaat dan siswa dapat kembali fresh pada kegiatan belajar mengajar semester selanjutnya.

*Penulis: Diah Erna Susanti, S. Pd. (Guru Kelas MIM Teladan)*

Please follow and like us:
  • TAG :