admin@mimteladan.com
admin 09 November 2020
img

Magelang. 22 Oktober merupakan salah satu hari penting bagi negara Indonesia, di tanggal tersebut diperingati sebagai “Hari Santri Nasional”. Alasan dipilihnya Tanggal 22 Oktober adalah merujuk pada satu peristiwa bersejarah yakni seruan yang dibacakan oleh Pahlawan Nasional KH Hasyim Asy’ari pada 22 Oktober 1945. Seruan ini berisikan perintah kepada umat Islam untuk berperang (jihad) melawan tentara Sekutu yang ingin menjajah kembali wilayah Republik Indonesia pasca-Proklamasi Kemerdekaan.

Setelah melewati berbagai pertimbangan, secara resmi presiden Joko Widodo menandatangani keputusan penetapan tanggal 22 oktober sebagai hari santri pada kepres nomer 22 tahun 2015. Tahun ini 2020, peringatan hari santri mengusung tema “Santri Sehat, Indonesia Kuat”, diharapkan dengan sehatnya para generasi penerus bangsa baik secara lahir maupun bathin, santri mampu menjadikan negara Indonesia tetap sehat dan kuat pula.

Tak mau ketinggalan untuk ikut serta dalam memeriahkan peringatan yang hanya diadakan satu tahun sekali, kami sebagai salah satu Madrasah yang juga meneladani sikap dan nilai juang para santri, MIM TELADAN Kota Magelang tercinta secara khusus memperingati hari santri dengan rangkaian kegiatan berupa takhasus hafalan Al Qur’an.

Rangkaian acara kali ini diawali dengan sambutan oleh Ibu Nina Agustien, S.Pd sebagai Kepala Madrasah dan selanjutnya dilanjutkan dengan kegiatan qiroah  atau membacakan surat al aquran di juz 30 yang dibacakan secara bersama – sama oleh perwakilan guru MIM TELADAN yang berjumlah 8 orang adapun surat yang dibaca ialah surat An- Naba’ yang jumlah ayatntya ada 40, selain melibatkan guru sebagai pengisi utama, pada kesempatan peringatan hari santri tahun ini.

MIM TELADAN juga melibatkan beberapa siswa terpilih untuk menunjukkan bakat mereka dalam hal hafalan al quran. Sedikit berbeda dari tahun sebelumnya yang diisi dengan kegiatan secara offline, tahun ini pandemi covid-19 menjadikan kami tidak bisa melaksanakan peringatan secara langsung dan semarak,  meskipun acara peringatan hari santri tahun 2020  saat ini diperingati di tengah masa pandemi, namun semangat dari para pengisi acara tetap bergelora. 

Rasayanya tidak afdhal apabila kita tidak mengenal siapa saja pengisi acara kegiatan kali ini, nah karena itu kami secara ekslusif akan mengenalkan 4 siswa terpilih sebagai aperwakilan pengisi acara tersebut, yang pertama ada ananda Farrel Rizky Pramana dari Kelas 1C menjadi wakil untuk membacakan surat at – takatsur, selain itu ada juga anada Fadhil Yuniarto dari Kelas 2B yang berkesempatan untuk membacakan surat al – alaq, tak hanya itu acara hari santri juga dimeriahkan dengan penampilan Chitra Nur Lathiefiannisa dari Kelas 3A yang dengan berani membacakan surat al balad, selain itu tidak ketinggalan ada hafalan surat al muthaffifin yang dibacakan dengan tartil oleh ananda Rahma Safira Khairunnisa dari Kelas 6. 

Selain sebagai kegiatan dalam menyemarakkan hari santri, qiroah dan takhasus ini merupakan upaya untuk menumbuhkan semangat siswa untuk tetap menghafal al quran meskipun di tengah pandemi. Kami sebagai staff guru dan karyawan MIM TELADAN selalu berusaha dan berupaya untuk menjadi contoh bagi siswa dalam menghafal al quran dengan belajar dan terus belajar menghafal al quran juga. Prinsip kami adalah tidak mau kalah dengan siswa siswi MIM TELADAN yang hebat, jika anak – anak saja mampu dengan lantang menghafal surat di juz 30, maka kami sebagai tenaga pendidik juga harus mampu melakukan hal yang sama, selain itu besar harapan kami untuk melakukan hal yang lebih dari itu. 

Terakhir, kami segenap keluarga besar MIM TELADAN mengucapkan Selamat Hari Santri Tahun 2020, “Santri Sehat, Indonesia Kuat”. 

“Salam Sejahtera, Salam Bahagia, MIM TELADAN KOTA MAGELANG Islami, Prestasi, Inovasi”.

Untuk menonton semaraknya acara tersebut, para pembaca sekalian dapat mengakses link youtube kami dibawah ini, selamat menyaksikan dan mohon dukungannya.

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *