admin@mimteladan.com
admin 28 September 2020
img

Tahun ajaran baru tahun 2020/2021 sudah dimulai, namun status tanggap darurat covid 19 belum usai. Banyak Madrasah atau sekolah yang mengadakan Masa taaruf siswa Madrasah (Matsama) di sekolah umum lebih  dikenal dengan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah). Kegiatan ini dilakukan dengan virtual atau daring.

Kegiatan Matsama di MI Muhammadiyah dilaksanakan dari tanggal 13 – 15 Juli 2020. Kegiatan matsama di MI Muhammadiyah Terpadu Harapan Kota magelang dilakukan dengan berbagai kegiatan, antara lain;

  • Opening & Introduction (Pembukaan dan Pengenalan Guru dan Karyawan MIM),
  • Environment Intruduction (Pengenalan Lingkungan Madrasah),
  • School Rules Socialization (sosialisasi peraturan dan tata tertib Madrasah),
  • Creat a Class Organization (pembentukan pengurus Kelas),
  • singing Mars MIM  and singing Mars Sang surya (menyanyikan lagu Mars MIM dan mars sang Surya),
  • library Sosialization ( pengenalan perpustakaan),
  • sechool’s helat Clinic (pengenalan UKS),
  • MIM Go Green (menanam dan merawat tumbuhan),
  • Tallent Show, Writing Goals (menulis Cita-cita) dan ditutup dengan kegiatan Flying a dream Ballon  (Penerbangan Balon cita-cita).

Semua kegiatan tersebut dibuat video kemudian di kirim via WA (Whats App) group kelas di MI Muhammadiyah.

Kegiatan hari pertama

Kegiatan matsama ini di awali dan dibuka oleh kepala madrasah. Dalam sambutannya, ibu Nina Agustien selaku Kepala Madrasah memperkenalkan guru kelas 1 (satu s/d kelas 6 (enam) dan karyawan MI Muhammadiyah termasuk guru yang baru direkrut.

Ibu Nina Agustien juga menayampaikan kepada para wali siswa MI Muhammadiyah akan memberikan pelayanan yang terbaik. Setelah sambutan kepala Madrasah dilanjutkan dengan pengenalan lingkungan Madrasah, dan peraturan serta tata tertib MI Muhammadiyah.

Senin, 13 Juli 2020 ditutup dengan menyayikan Mars MI Muhammadiyah dan Mars Sang Surya. Semua  dikemas dalam video disampaikan ke wali siswa MI Muhammadiyah Terpadu Harapan Kota Magelang.

Kegiatan hari kedua

Selasa, 16 Juli 2020, siswa MI Muhammadiyah menyaksikan video pengenalan lingkungan perpustakaan “Taman Pintar” MIM Terpadu Harapan kota Magelang.

Siswa juga menyaksikan video pengenalan UKS MIM yang di sebut dengan Schol’s Health Clinic Sosialization. Siswa juga menyaksikan video tentang merawat tumbuhan atau dalam jadwal di sebut MIM Go Green.

Para siswa berdo’a seusai sholat berjama’ah (sebelum Pandemi Covid-19)

Setelah menyaksikan video MIM Go Green sisiwa ditugasi untuk membuat video tentang cara menanam dan merawat tanaman varian Aglonema di dalam pot berdiameter 25 CM dirumah, tanaman tersebut dikumpulkan setelah masuk sekolah.

Kegiaatan hari kedua ini ditutup dengan kegiatan Tallent Show siswa menyaksikan video mendongeng, hafalan juz 30 dan menyaksikan video menyanyi yang diperankan oleh siswa- siswi MIM Terpadu Harapan Kota Magelang.

Kegiatan hari ketiga

Kegiatan Matsama Ini diawali dengan ngaji Morning dan solat duha kemudian siswa menuliskan cita-cita (Writing goals) yang dikirim via group WA di kelas 1 sd 6 MIM Terpadu Harapan Kota magelang.

Setelah semua siswa menuliskan cita-citanya guru kelas menuliskan dalam selembar kertas yang diterbangkan dengan menggunakan balon (Flaying a Dream Ballon), kegiatan ini sekaligus menutup semua rangkain kegiatan Matsama di MI Muhammadiyah Terpadu Harapan Kota Magelang.

Dalam sambutan penutupan  Kepala Madrasah menyampaikan cita cita MI Muhammdiyah Terpadu Harapan Kota Magelang 2 (dua) tahun kedepan sebagai Madrasah rujukan di Kota dan Kabupaten Magelang.

Magelang, 15 Juli 2020

Penulis

Aziz Muslim, M.  PdI

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *