admin@mimteladan.com
admin 28 September 2020
img
Ilustrasi peningkatan kualitas guru dalam pembelajaran

Dalam rangka menyiapkan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tahun ajaran baru 2020/2021 MIM Dupan (MI Muhammadiyah Terpadu Harapan) Kota Magelang mengadakan kegiatan workshop Teachers Quality Improvement (peningkatan kualitas Guru).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas guru-guru di MIM Dupan Kota Magelang. Kegiatan workshop Teacher’s Quality Improvement  ini dilaksanakan di MI Muhammadiyah Terpadu Harapan Kota Magelang selama 3 (tiga) hari , dari tanggal 16 sd 18 Juli 2020.

Hadir dalam Kegiatan workshop Teacher’s Quality Improvement ketua Majlis DIKDASMEN PDM Kota Magelang bapak Edy Sucahyo dan sekertaris PDM Kota Magelang Drs. Yatino.

Kegiatan workshop Teacher’s Quality Improvement  dimulai pada pukul 07.30 dengan susunan acara pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars sang surya.

Dalam sambutannya Ketua Majlis DIKDASMEN PDM Kota Magelang bapak Edy Sucahyo sangat mengapresiasi kegiatan ini. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini sangan penting dalam rangka mengawali Tahun ajaran baru 2020/2021.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh sekertaris Pimpinan Daerah (PDM) Muhammadiyah Kota Magelang Drs. Yatino. Dalam sambutannya yang sekaligus menyampaikan materi tentang kualitas guru beliau berpesan agar guru-guru di AUM (Amal Usaha Muhammadiyah) khusunya di MIM Dupan Kota Magelang harus bekerja cerdas dan iklas serta professional.

Materi pertama pada kegiatan workshop ini adalah Implementasi Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah dan pengelolaan Pembelajaran pada masa Pendemi covid -19.

Materi ini disampaikan pengawas Madrasah Isro’ah, S.Pdi, M.Si. dalam materi ini banyak disampaikan tentang pembelajaran pada masa pandemic.

Pengawas Madrasah berpesan pembelajaran pada masa pandemi ini mengutamakan keselamatan dan kesehatan. Kegiatan pembelajaran pada masa pandemi ini lebih aman dilaksanakan dengan daring dibanding dengan pembelajaran tatap muka.

Beliau juga berpesan untuk tetep mematuhi semua kebijakan pemerintah dalam pembelajaran dimasa pandemic ini, samapai benar-benar dalam kondisi aman.

Kegiatan hari pertama Workshop Teacher’s Quality Improvement di ahiri dengan materi  bedah KTSP MI Muhammadiyah terpadu harapan Kota Magelang.

Dalam kegiatan ini difokuskan pada buku 1 dan 2 yang berisi tentang visi dan misi Madrasah, dilanjutkan dengan buku 2 dan 3 tentang silabus dan RPP (rencana Pelaksanaan Pembelajaran).

Kegiatan ini dipandu langsung oleh kepala MI Muhammadiyah Kota Magelang Ibu Nina Agustien S.Pd, dan Koordinator Kurikulum MI Muhammadiyah Kota Magelang Arwin Puspo, S.PdI.

Hari kedua kegiatan workshop ini di isi dengan materi Pembuatan Media Pembelajaran dengan naras sumber Tim Multi Media SMK Muhammadiyah Kota Magelang yang di ketuai Teguh Sugiharto, S.Pd.

Dalam kegiatan ini guru diajak untuk melek teknologi, apalagi pembelajaran dimasa daring (dalam Jaringan) ini yang membutuhkan kreatifitas guru dalam menyampaikan materi pembelajaran.

Dihari ketiga atau hari terahir diisi dengan materi Etos Kerja Profesional Menuju Madrasah Rujukan yang ampu oleh Sekretaris PGRI Kota Magelang Salamun, M.PdI.

Pesan kepala Madrasah diahir kegiatan ini adalah “munculkanlah soulmate sehingga kita bekerja dengan bahagia”. Kegiatan workshop ini ditutup oleh Ketua Komite MIM Dupan Andi Triyanto, M.S.I, ketika kita memulai sesuatu maka merujuklah kepada al-Qur’an, setelah workshop harus ada karya. Artinya ada perubahan dari guru dan karyawan MIM Dupan setelah kegiatan ini.

Harapan dari kegiatan ini disampaikan oleh Kepala Madrasah Nina Agustien, S.Pd, “Semoga kegiatan  workshop ini dapat memberikan pengaruh positif hususnya untuk para guru dan karyawan serta lembaga MIM Dupan Kota Magelang sehingga MIM Dupan siap dengan perubahan menjadi Madrasah rujukan di Kota Magelang”.

Dengan kegiatan workshop ini guru-guru dan karyawan MIM Dupan diharapkan mampu memberikan pelayanan terbaik bagi siswa-siswi dan wali siswa MIM Dupan dimasa depan.

Magelang, 18 Juli 2020

Penulis

Aziz Muslim, M. PdI

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *